11.15.2007

Anak Suka Makan Jeruk

Dok, saya seorang ibu dari anak berusia 8 bulan. Anak saya suka sekali makan buah jeruk. Saat ini sudah mulai tumbuh gigi-giginya.

Pertanyaan saya :

Kenapa anak saya baru tumbuh gigi saat usia 8 bulan, sedangkan tetangga saya baru 6 bulan sudah tumbuh gigi?
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan gigi?

Sering makan buah jeruk, apakah akan menghambat pertumbuhan gigi anak saya?

Mohon jawaban dan penjelasannya. Terima kasih

Ibu Wida, 28 tahun
Surabaya

Jawaban :

Pertumbuhan gigi anak ibu tergolong normal (usia 8 bulan). Secara normal gigi susu dapat tumbuh mulai usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi secara umum dipengaruhi oleh :

  • Letak kedalaman benih gigi
  • Ketebalan tulang rahang
  • Daya tumbuh gigi

Mengenai kesukaan anak terhadap buah jeruk, tidak akan mempengaruhi pertumbuhan giginya, tetapi akan berpengaruh pada warna giginya-menjadi lebih kuning.

Sebaiknya jangan terlalu sering memberikan buah atau makanan yang berasa asam atau kecut, karena akan membuat kondisi rongga mulut asam. Hal ini akan membuat lapisan email gigi rusak.

Setiap selesai makan buah jeruk, sebaiknya diberi minum air putih agar kondisi/ pH rongga mulut menjadi normal.

Demikian penjelasan kami, salam sayang untuk si buah hati ibu.

drg. Soetanti Rizki

Dipublikasikan di : www.galeri-annida.com

2 comments:

Anonymous said...

Wah, aulia doyan banget makan jeruk. Bener bu dokter, giginya jadi kuning. padahal aku dah sikat dengan sikat gigi bayi yang dimasukin ke telunjuk itu *tauk apa namanya* Wah, berarti harus dikurangi yah...

Gerai Attaqi said...

iya sebaiknya dikurangi aja ato dikombinasi dengan buah yang lain. tetep rajin dirawat aja giginya..biar gak mudah terjadi caries gigi...

Create your own banner at mybannermaker.com!